Apa yang Bisa Kami Bantu?

Perpanjang Iklan

Iklan kamu dapat diperpanjang. Jika iklan kamu yang sudah berakhir atau status iklan “Selesai”. Untuk memperpanjang penayangan iklan kamu, ikuti langkah-langkah dibawah ini:

  1. Login ke akunmu.

  2. Klik menu Kelola Iklan.

  3. Pilih iklan yang ingin kamu perpanjang pada tabel, pilih Perpanjang.

  4. Isikan budget dan konfigurasi iklan sesuai keinginan.

  5. Klik Lanjut.

Simpan Iklan

Iklan yang kamu buat dapat disimpan tanpa melakukan pembayaran terlebih dahulu. Untuk menyimpan iklanmu, ikuti langkah-langkah dibawah ini:

  1. Login ke akunmu.

  2. Klik menu Pasang Iklan.

  3. Isikan isian Pasang Iklan hingga lengkap.

  4. Pilih Simpan.

  5. Iklanmu akan otomatis tersimpan dan dapat dilihat di halaman Kelola Iklan.

  6. Untuk melakukan pembayaran, klik Bayar sehingga iklanmu ditambahkan ke Keranjang.

  7. Lakukan pembayaran untuk menayangkan iklan tersimpan.

Budgeting

Pasang iklan di adsmart detikcom bisa disesuaikan dengan budgetmu dengan minimal transaksi sebesar Rp300.000.

Moderasi Iklan

Pemasang iklan yang melakukan pasang iklan akan melewati proses moderasi yaitu iklan milik pemasang iklan dievaluasi oleh oleh tim Adsmart untuk memastikan bahwa iklan yang akan ditampilkan sudah sesuai dengan ketentuan yang berlaku di detikcom dalam hal materi iklan.

Jika iklan kamu disetujui maka iklan akan tayang sesuai dengan jadwal yang ditentukan. Jika iklanmu ditolak, maka akan ada informasi berupa email sehingga kamu dapat segera melakukan perbaikan pada materi iklanmu.

Pause Iklan

Pemasang iklan yang sudah melakukan pasang iklan dan sedang tayang dapat menghentikan sementara iklannya. Iklan dapat dihentikan sementara sampai dengan batas waktu tayang berakhir yang telah ditentukan pada saat memasang iklan. Namun, perlu diperhatikan jika iklan yang dihentikan sementara tersebut telah melewati batas waktu tayang terakhir, maka iklan akan dianggap selesai dan budget tidak dapat digunakan kembali.

Tracking Iklan detikcom Melalui Google Analytics

Google Analytics merupakan salah satu tools tracking traffic yang paling umum digunakan. Untuk dapat mengukur banyaknya pengunjung yang mengakses website-mu, pastikan kamu melakukan hal berikut.

Agar source/medium dari detikcom dapat tercatat di Google Analytics, sebaiknya Target URL yang dimasukan pada saat memasang iklan sudah dengan pemasangan UTM. Untuk menghasilkan URL tersebut bisa dilakukan melalui link ini. Tanpa UTM, Google Analytics akan kesulitan melakukan tracking traffic dari detikcom. Contoh URL yang terbentuk dari UTM Builder http://example.com?utm_source=detikcom&utm_medium=banner.

Cara membuat URL dengan UTM Builder:

  • Klik link ini

  • Ketik alamat website-mu di Website URL

  • Ketik detikcom di Campaign Source

  • Ketik banner di Campaign Medium

  • Pada bagian Share the generated campaign URL, klik tombol Copy URL

  • Masukan URL yang telah berhasil di salin, ke dalam kolom Target URL pada saat kamu memasang iklan

  • Lanjutkan proses memasang iklan

Jika ternyata kamu telah memiliki iklan yang belum memiliki UTM, maka kamu bisa cek banyaknya pengunjung websitemu di menu Acquisition >> All Traffic >> Channels di grouping Referral atau (Other) dengan wording "newrevive.detik.com" pada Google Analytics-mu.

Untuk perhatian: Google Analytics memang dapat digunakan untuk tracking traffic ke dalam websitemu, tetapi perlu diingat bahwa mekanisme pencatatan antara Google Analytics dan Adsmart berbeda, dimana Google Analytics menggunakan Session sedangkan Adsmart menggunakan Click dan Impression. Berikut contoh aksi yang bisa menimbulkan perbedaan data yaitu

  • Session Google Analytics akan menghitung aktivitas user dalam waktu 30 menit. Sebagai contoh: jika seorang pembaca detikcom melakukan klik iklan yang sama dan mengarah pada landing page yang sama, maka secara Adsmart akan tetap menghitung beberapa klik, sedangkan session Google Analytics tidak bertambah.

  • Pembaca menutup window atau tab websitemu sebelum tag Analytics ter-load sempurna.